Mengapa Sakit Kepala Sering Terjadi Di Siang Sampai Sore Hari?

Kenapa, ya, kepalaku sakit sore sebelum sore?

(Tips Sehat Mie Ayam Mahmud )

Sakit kepala bisa menyerang kapan saja, termasuk di tengah waktu makan siang atau sore hari ketika pulang kerja. Ya, beberapa orang sering mengeluh sakit kepala saat sore menjelang sore. Dia mengatakan, ini karena kelelahan atau beban pikiran yang menumpuk di kepala setelah seharian beraktifitas. Benarkah?

Sebenarnya, apa sakit kepala di siang hari?

Pada dasarnya, sakit kepala selama sore sakit kepala sama dengan jenis sakit kepala lainnya. Nyeri bisa terjadi di sebagian atau seluruh kepala. Satu-satunya hal yang membedakan hanyalah masalah waktu, yang lebih sering muncul pada siang hari sampai sore.

Dikutip dari Healthline, sakit kepala di siang hari biasanya disebabkan oleh aktivitas yang Anda lakukan pada hari itu. Misalnya karena kelelahan setelah seharian beraktifitas, kurang minum, terlambat makan, dan sebagainya.

Sakit kepala jenis ini sebenarnya tidak berbahaya karena biasanya gejalanya akan menurun di malam hari. Namun dalam beberapa kasus, rasa sakit bisa menjadi lebih buruk dan menunjukkan masalah kesehatan yang serius.

Apa penyebab sakit kepala di siang hari?
Penyebab sakit kepala di siang hari bisa bervariasi, mulai dari yang sepertinya sepele hingga perlu diperiksa langsung oleh dokter. Berikut adalah penyebab sakit kepala di siang hari yang perlu Anda ketahui.

1. Gaya hidup

Seiring waktu di bawah sinar matahari, dehidrasi, atau stres di kantor bisa menjadi penyebab sakit kepala di siang hari. Dehidrasi, misalnya, dapat membuat otak kekurangan oksigen, menyebabkan tekanan berlebihan pada kepala dan menyebabkan sakit kepala.

Sebagian besar atau kurang tidur juga dapat memiliki efek yang sama. Jadi, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengubah gaya hidup Anda. Misalnya jika Anda mengalami sakit kepala di siang hari karena banyak minum kopi, maka segera kurangi porsi untuk meredakan sakit kepala.

2. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang bisa menjadi salah satu penyebab paling umum sakit kepala di siang hari. Penyakit ini sebenarnya lebih sering dialami wanita daripada pria.

Sakit kepala tegang ditandai dengan nyeri tumpul yang terasa tertekan dan mengikat semua bagian kepala. Seringkali itu juga diikuti oleh sensasi tidak nyaman di belakang leher.

Kondisi ini biasanya dipicu oleh stres yang berlebihan. Sebagai solusinya, cobalah mengelola tingkat stres Anda dengan latihan pernapasan atau olahraga untuk mengurangi stres dan sakit kepala yang mengganggu.

3. Sakit kepala berikutnya

Salah satu jenis “sakit kepala berikutnya” adalah sakit kepala klaster. Jenis sakit kepala ini ditandai dengan rasa sakit yang tiba-tiba muncul di belakang mata atau area di sekitar mata, tetapi hanya terjadi pada satu sisi kepala. Entah itu di kepala kanan atau kiri.

Kondisi ini sering menjadi penyebab sakit kepala di siang hari dan berlanjut hingga sore hari. Selain sakit kepala, penyakit ini umumnya diikuti oleh gejala lain, yaitu:

Mata merah di sebelahnya, yang berada di satu sisi kepala yang terkena
Mendadak dingin
Wajah berkeringat
Kulit pucat
Sayangnya, penyebab sakit kepala klaster tidak diketahui. Namun, kebiasaan minum alkohol dan efek samping obat untuk penyakit jantung dapat memicu dan memperburuk sakit kepala.

4. Tekanan kepala rongga spontan

Sakit kepala di siang hari juga bisa disebabkan oleh tekanan kepala berlubang spontan (SIH), atau sering disebut sebagai sakit kepala tekanan rendah. Sekali lagi, kondisi ini lebih sering dialami wanita daripada pria, terutama bagi Anda yang terbukti memiliki jaringan ikat lemah di otak.

Sakit kepala pada siang hari karena SIH merasa tertusuk di bagian belakang kepala dan menyebar ke leher. Bahkan, rasa sakit bisa terasa lebih buruk ketika bersin atau batuk, mengejan saat buang air besar, olahraga, membungkuk, hingga saat berhubungan seks.

Sakit kepala karena SIH biasanya diikuti oleh gejala lain, yaitu:

Sensitif terhadap cahaya atau suara
Mual atau muntah
Dering telinga
Pusing
Nyeri punggung ke dada
Visi ganda

5. Tumor otak

Ketika sakit kepala terasa semakin parah dan tidak sembuh, Anda mungkin mulai khawatir akan timbulnya tumor otak secara tiba-tiba. Namun kenyataannya, sakit kepala di siang hari jarang menjadi tanda tumor otak, sungguh.

Alasannya, sakit kepala karena tumor otak dapat terjadi kapan saja – apakah itu pagi, siang, atau malam – alias tidak terjadi pada satu waktu. Sakit kepala karena tumor biasanya diikuti oleh gejala lain, yaitu:

  • Mual
  • Muntah
  • Seizure
  • Visi kabur atau penglihatan ganda
  • Masalah pendengaran
  • Sulit untuk berbicara
  • Lengan mati dan kaki

Meski begitu, sakit kepala di siang hari bisa menjadi pertanda adanya tumor otak. Untuk menentukan penyebabnya, segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami salah satu gejala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *